Menambahkan Google +1 di Blogger

berapa hari yang lalu Google resmi memperkenalkan fitur +1 (Plus One) setelah pada bulan Maret 2011 fitur ini diuji coba melalui Google Labs. Fitur ini merupakan jawaban Google untuk fitur "like" Facebook. Saat ini fitur Google +1  sudah tersedia di Blogspot.


Tutorial Menambahkan Tombol Google +1 Pada Template Default Blogger

Untuk mengaktifkan Google +1 pada template default Blogspot, cukup dengan mengaktifkan fitur “Show Share Buttons”. Caranya dari Design > Page Elements. Temukan "Blog Post Area" lalu klik "edit". Dan pilih opsi “Show Share Buttons”. Bila sudah mengaktifkan “Show Share Buttons” maka otomatis Google +1 terpasang di blog anda.

Jangan lupa klik edit
Kegunaan fitur Google +1 adalah seperti bila anda memberikan rekomendasi terhadap situs/blog tertentu bagi teman anda saat sedang mencari di Google.com (saat ini Google +1 belum tersedia di Google Indonesia). Misalnya teman anda sedang mencari informasi seputar sepeda gunung, maka bila anda memberikan +1 di situs tertentu, maka ini akan menjadi rekomendasi yang bagus bagi teman anda untuk mengunjungi situs tersebut.
Seperti inlah tampilan Google +1 di mesin pencari Google
Menambahkan Tombol Google +1 Di Template Blogger Dari Pihak Ketiga

Dapatkan kode Google +1 di Google Webmaster
Untuk menambahkan tombol Google +1 di template Blosgpot dari pihak ketiga, caranya adalah dengan mengambil kode Google +1 di Google Webmaster.

Berikut adalah contoh kode tombol Google +1 ukuran standar:
<!-- Place this tag in your head or just before your close body tag -->
<script type="text/javascript" src="http://apis.google.com/js/plusone.js"></script>

<!-- Place this tag where you want the +1 button to render -->
<g:plusone></g:plusone>

Cara Pertama

Tombol Google +1 di atas template
Secara mendasar Google menginginkan anda untuk memasang kode tombol Google +1 di dalam tag </head> atau tag </body> pada blog anda, tapi ini akan membuat tombol Google +1 terlihat kurang bagus karena akan berada di atas template atau di bawah template blog anda. Cara ini bisa jadi akan membuat pengunjung blog anda mengabaikan kehadiran tombol tersebut (enggan meng-klik).

Cara Kedua
Cara kedua adalah dengan meng-konfigurasi sendiri tombol Google +1 untuk blog kita dengan mengunjungi Code Google. Cara ini membutuhkan keahlian tingkat lanjut.

Cara Ketiga
Cara ketiga adalah bila kita hendak memasang kode tombol Google +1 di bawah judul atau dibawah artikel.

Untuk dibawah judul, temukan kode <data:post.body/> dan salin kode Google +1 dibawah kode tersebut.

Untuk dibawah artikel, bila template dari pihak ketiga memakai readmore otomatis, maka salin kode Google +1 dibawah kode <data:post.body/> yang kedua (benar ada dua kode <data:post.body/>).

Bila template pihak ketiga sudah memiliki tombol share Twitter atau Facebook, maka letakan saja kode Google +1 bersama kode tersebut, entah dibawah atau diatasnya, terserah. Kode tombol share Twitter/Facebook bisa dicari di browser dengan menekan CTRL+F.

Menggunakan cara pertama, kedua atau ketiga, atau cara lain jangan lupa backup dulu template lama anda, untuk berjaga-jaga.
Langkah terakhir yang jangan dilupakan adalah anda harus memiliki Google Profiles dan jadikan profil anda publik (bukan privat) dengan mengunjungi Google Profiles
. Kunjungi Wiki How untuk belajar membuat Google Profile.


                                                                                                                                                                                                                                                                                

1 komentar: