Cara menentukan kategori dan sub-kategori adalah sebagai berikut:
1. Pada kolom Post-Add New , disebelah kiri ada side bar. Scroll down klik bar ini sampai ketemu kolom Kategory.
kategori
2. Klik tulisan Add New Category. lalu ketikkan nama kategori yang hendak anda buat. contoh Artikel Terbaru. Lalu klik Add New untuk menambahkannya. Dan sekarang kategori Artikel Terbaru sudah ada dalam list kolom Category.
3. Bilamana anda hendak mengedit judul kategori maka anda masuk ke menu Post – Category yang ada dibawah Post Add New.
kolom kategori
4. Setelah menu Category di klik, maka tampilan halaman Add  New Category.

edit kategori
5. Pada halaman Add New Category, beralihlah ke Category yang hendak anda edit sampai keluar tulisan Edit/Quick Edit/Delete. Klik Edit untuk mengubah judul nama kategori yang baru. Lalu klik Update.
6. Anda dapat juga langsung membuat kategori baru pada halaman Add New Category ini.
7. Pada Kolom Add New Category ini, anda dapat menambahkan kata kunci pada kolom slug dan membuat desckripsi kategori pada kolom Description.

B. MEMBUAT SUB-KATEGORI
1. Disamping itu jika anda ingin membuat subketagori, anda juga melakukannnya di menu Post – Add New Category. Caranya adalah dengan mengklik tanda panah pada kolom Parent (Induk) dan pilih kategori untuk tempat subkategori . Contoh Kategori : Artikel Direktori. Subkategorinya : Ezine Artikel, Detik Artikel, Kompas Artikel (3 buah subkategori)

sub kategori
2. Jika sudah klik tombol Add New Category, maka subkategori akan terlihat disebelah kanan seperti contoh berikut.

subkategori 2
3. Judul sub-kategori akan menempati tempat dibawah kategori induknya dan posisnya sedikit menjorok ke dalam ditandai dengan tanda “-“.

C. MEMBUAT SUB-SUB-KATEGORI.
1. Sama halnya dengan membuat subkategori, hanya saja di kolom Parent , anda pilih Subkategori sebagai induk kategorinya. Anda dapat juga membuat sub-sub-sub kategori dengan cara seperti ini bilamana artikel anda sudah sangat banyak sekali.