Pengertian Website

sebelum membuat Websiite bagi yang belum tau tentu saja ingin mengetahui apa itu Website atau Blog.
Mungkin bagi yang baru pertama mendengar kata ‘Website / blog’ sama membingungkannya ketika pertama kali penulis mendengar kata internet,Email,maupun chating.

berikut penjelasan dari website:
Website adalah suatu halaman atau pekarangan atau bangunan media informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 tipe / jenis yaitu:


* Website Statis
* Website Dinamis
* Website Interaktif


*Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.
* Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain halaman utama yang bisa diakses oleh pengguna atau pengunjung pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh mengenai website dinamis adalah *web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini pengguna atau pengunjung bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.


Apa itu Blog ?


Blog termasuk dalam golongan Website tipe ketiga seperti yang di jelaskan di atas yaitu tipe Website Interaktif dimana pengguna atau pengunjung bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Blog juga merupakan situs yang sifatnya lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri menurut salah seorang webmaster/Blogger indonesia Kang Roman.
Menurut penulis sendiri bangunan media informasi ini terbentuk dari tiga bahan pokok (emangnya adonan kue?), maksudnya tiga unsur utama seperti halnya di ibaratkan saja manusia mempunyai tiga unsur yaitu nama, tubuh / wadah (body) yang merupakan tempat penyimpanan isi, dan ketiga adalah isi (jiwa,roh,sukma,tulang,dan juga isi perut. kwkh..).


Nah ketiga unsur Website itu adalah :


1. Domain : yaitu nama atau alamat website itu sendiri. ingat, Domain hanyalah sebuah nama dari Website, contoh: www.bikinsitusweb.co.cc, www.google.com, www.yahoo.com, www.facebook.com adalah nama / alamat sebuah website.


2. Webhosting : yaitu tempat penyimpanan domain itu sendiri serta content yang dipakai untuk membangun website itu. ibarat ada isi ada juga wadahnya. juga bisa kita ambil contoh bangunan tempat pedagang menyimpan barang dagangannya disebut ‘warung atau toko’,  tak akan disebut ‘warung’ jika barang daganganya di letakan berserak di atas tanah belakang halaman rumah di semak-semak ilalang, dia mesti ada tempat (bangunan) khusus untuk menletakan/menyimpan barang daganganya, entah tempat itu terbuat dari papan,triplex,atau beton, yang penting ada tempat penyimpanan.


seperti itulah ibaratnya webhostig adalah tempat penyimpanan domain dan file-file. webhosting ini lah yang akan meng-online-kan sebuah website sehingga bisa di akses oleh pengguna internet di seluruh dunia.


3. File CMS (Content System Management) : yang adalah isi, yaitu content yang di pakai untuk membangun website seperti menulis artikel dalam postingan web/blog seperti artikel yang sedang anda baca ini,  intinya CMS adalah Mesin Dari Sebuah Situs,  Blog Ini Menggunakan CMS WordPress. File-File CMS ini juga harus tersimpan di webhosting.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar