tips menulis artikel

Menulis artikel sebenarnya sangat gampang. Apalagi kalau hanya menulis artikel untuk diposting di blog. Sekali lagi Sangat gampang. Tapi seringkali saya melihat dan membaca keluhan beberapa blogger yang merasa kehabisan akal ( hilang akal dong ) atau kehabisan ide untuk menulis artikel. Atau untuk blogger pemula, mereka bilang menulis artikel itu sulit. Lain kalau blogger sudah kawakan. Menulis merupakan sebuah hobby. Sehingga tidak ada hari tanpa menulis. Tiada hari tanpa ide-ide cemerlang. Seperti momentum bulan ramadhan ini. Owww begitu banyak blogger yang memanfaatkan moment untuk menulis artikel tentang ramadhan dengan berbagai tema dan versi serta pengalaman. Rupanya bulan ramadhan sumber ide atau inspirasi yang luas bagi blogger termasuk untuk saya. Ramadhan penuh berkah begitu sangat dirasakan oleh blogger untuk menulis artikel artikel yang bermanfaat.
Apakah anda pernah kehabisan ide untuk menulis artikel blog anda? Atau tidak menemukan inspirasi ( ilham ) sebagai sumber tulisan anda? Bacalah posting saya semoga bisa membantu.
Membaca Buku

Bagi saya membaca buku adalah sumber inspirasi tanpa batas tanpa mengenal ruang dan waktu. Di manapun dan kapanpun bisa menjadi sumber inspirasi. Tak peduli apapun buku yang anda baca. Bahkan buku diary ketika anda masih duduk di bangku MTs / SLTP pun bisa menjadi ladang-ladang inspirasi yang sangat asyik. Tidak salah jika ada kata-kata berujar : Buku adalah Jendela Dunia. Memasuki, membuka dan membaca buku akan membuat pikiran anda menjadi luas seluas samudra. Tidak hanya itu, membaca buku bisa menjadi motivasi untuk memperkaya susunan bahasa anda. Dari sinilah sumber ide artikel itu digali. Apakah harus menghabiskan 10 buku hanya untuk menulis artikel blog? Ya nggak lah. Bahkan tidak harus membaca keseluruhan isi dari 1 buku yang anda baca. Baca saja yang paling menarik dan paling mudah dimengerti saja untuk anda. Buku adalah jendela dunia. Buku adalah sumber ide untuk menjelajahi dunia. Termasuk bagian dari membaca buku anda masukkan juga membaca surat kabar, majalah, tabloit, cerpen,. novel dan lain-lain.

Nonton Televisi
TV atau televisi adalah media informasi yang selalu up to date, aktual dan terkini. Banyak sekali informasi yang bisa anda serap dalam setiap harinya dari seluruh dunia. Tapi jangan asal nonton saja. Harus ada misi penting ketika anda menyaksikan acara-acara TV. Apa yang bisa anda tulis? Banyak sekali. Berita-berita di TV bisa menjadi sumber ide dan sumber inspirasi dalam menulis. Misalnya ketika menyaksikan berita tentang korupsi para pejabat, maka anda bisa menulis kritik atau masukan pada pemerintah berkenaan denga hal tersebut. Ketika anda mendengar berita tentang kelaparan yang terjasi di somalia, anda bisa menulis tentang kepekaan anda sebagai manusia. Bahkan bagi saya sinetron pun bisa menjadi sumber ide. Asal anda bisa menarik benang merah/kesimpulan dari peristiwa yang terjadi di dalam adegan sinetron itu sendiri.

Berkunjung ke Blog Teman
Berkunjung ke blog teman anda juga bisa menjadi sumber ide. Tentu saja anda harus membaca dengan tuntas artikel teman anda tersebut. Jangan hanya datang, duduk kemudian pulang. Datang, menjenguk kemudian tutup browser. Bacalah alinea per alinea yang tertulis di artikel. Seperti anda datang ke sini nich. Ini bisa menjadi inspirasi anda untuk juga menulis dengan tema yang sama dengan bahasa yang berbeda. Jadi jangan copas. Kurangi hawa nafsu untuk main copas di bulan puasa. He he he. Jadikan puasa ini sebagai motivator untuk lebih kreatif menulis sendiri artikel-artikel yang berkwalitas. Katanya sich Cipas Paste menunjukkan kelemahan anda. Tapi katanya ya. Kalau bisa jangan hanya berkunjung dan membaca artikel saja. Jangan lupa untuk memberikan komentar di blog teman tersebut. Rambut bisa sama hitam tapi isi kelapa… eh salah.. isi kepala ( pikiran )pasti tidak sama. Berikan komentar yang baik dan berika kritik yang membangun dengan cara berkomentar di blog teman anda. Jadi kunjungan anda ke blog teman bisa bermanfat ganda. Menjadi sumber inspirasi dan bisa saling bertukar pikiran.
Masih banyak sekali sumber ide yang bisa dijadikan inspirasi untuk menulis. Tidak ada ceritanya blogger kehabisan ide dan pikiran untuk menulis. Intinya adalah menggunakan semua panca indera untuk menyerap semua kejadian dan dijadikan sumber artikel. Yang didengar, dilihat, dirasakan bisa menjadi sumber informasi berharga dan menjadi sumber tulisan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar